Posted by: Edukasi Thursday, November 23, 2017


Madiun – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Madiun adakan seminar nasional pada Rabu, 22 November 2017. Seminar yang bertempat di Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun ini mengambil tema “Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Muda Melalui Pemanfaatan Media Sosial.

Agenda yang diikuti oleh kurang lebih 197 peserta ini diisi oleh dua pemateri, yakni Helmi Azhar Fachry, CH., CHt selaku Founder dan CEO PT. Youth Millenials Independently dan H. Mochamad Nur Arifin Wakil Bupati Trenggalek 2016-2021 peraih MURI sebagai Bupati Termuda. Keduanya adalah pengusaha sukses di usia muda.

Tema yang diangkat kali ini sangatlah relevan bagi anak-anak muda jaman sekarang yang ingin belajar berwirausaha sekaligus mengasah softskillnya dengan lebih mudah. Sebab dengan perkembangan era digital telah memfasilitasi kita untuk berinovasi di bidang kewirausahaan. Mahasiswa seringkali merasa ragu untuk memulai usaha sebab takut gagal dan menganggu kuliah. “Gunakan waktu seoptimal mungkin. Yang paling utama bagi mahasiswa tentu saja belajar (red:kuliah) dan berorganisasi. Jadi, gunakan waktu luang kita yang lain untuk melaksanakan bisnis dan usaha.”, tutur Helmi Ahzar dalam sesi tanya jawab.

Wakil Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin menambahkan, “Sebagai start up, yang penting kita tanamkan dalam diri kita untuk berfikir bagaimana agar usaha kita sukses terlebih dahulu. Lebih baiknya jangan memulai dengan usaha produksi terlebih dahulu, modalnya perlu banyak sehingga apabila hasil produksi tersebut gagal terjual kita akan rugi banyak dan enggan untuk memulai lagi. Jadi, akan lebih baik jika kita memulai belajar berbisnis dengan berdagang. Setelah berhasil dan mendapat banyak laba, kita melakukan ekspansi bisnis.”

Dengan demikian diharapkan para pemuda khususnya mahasiswa, tergerak untuk melakukan memulai berbismis sedini mungkin agar lebih awal berproses untuk meraih kesuksesan. (Lutfi Ann)


Fotografer : Febi Pamungkas

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -