Posted by: Edukasi Monday, September 11, 2017

Kegiatan wajib bagi mahasiswa baru Universitas PGRI Madiun yaitu PKKMB. Kegiatan ini diadakan selama 4 hari yaitu tanggal 6 – 10 September 2017 di Gedung Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun. Pembukaan PKKMB tahun ini dilaksanakan pada Rabu, 6 September 2017 dan bertempat di gedung Graha Cendekia. Acara ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dan di hadiri oleh Rektor UNIPMA, Dr. H. Parji M.Pd, beserta jajarannya. Dalam pembukaan kali ini, beliau bapak Rektor UNIPMA, Dr. H. Parji M.Pd, diberikan wewenang untuk menyampaikan pidato pembukaan PKKMB. Dalam pidato kali ini, beliau menyebutkan bahwa PKKMB kali ini diikuti oleh 1.230 mahasiswa, dengan rincian 1.165 mahasiswa baru dan 65 mahasiswa lama yang tahun lalu belum sempat mengikuti PKKMB.
Kegiatan PKKMB pada hari pertama terkait dengan pemateri yag memberikan materi mengenai Sistem Pendidikan Tinggi, kemudian dilanjut ceramah tentang PPLP-PT PGRI Madiun, setelahnya ada materi mengenai Kegiatan dan Pelayanan Akademik di PerguruanTtinggi, dan setelah istirahat mahasiswa baru mendapatkan pembekalan materi lagi dengan berbagai tema antara lain; Wawasan Kebangsaan, Layannan mahasiswa, Tatanan dasar bela negara, Organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, dan mengenai Empat konsensus dasar kebangsaan.
Hari kedua kegiatan PKKMB memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru dengan materi yang akan menuntunnya menajdi seorang mahasiswa yang disiplin dan tertib, antara lain yaitu; mengenai Sistem Pertahanan Semesta, Kepemimpinan, Bahaya Radikalisme dan Terorisme, Bahaya Narkoba, dan mengenai Kerukunn Umat Beragama. Seluruh mahasiswa baru begitu antusias memperhatikan materi permateri.
Hari ketiga kegiatan PKKMB jam pertama dilaksanakan di Gor Cendekia Universitas PGRI Madiun. Tepat di hari Jumat kegiatan diawali dengan Go Green di sekitar halaman Gor Cendekia Universitas PGRI Madiun. Setelah itu seluruh mahasiswa baru diusung kedalam Gor Cendekia untuk menyimak pengenalan UKM Universitas PGRI madiun. Suasana sangat meriah ramai, semangat para mahasiswa mengenalkan UKMnya masing-masing berkorban ditengah panasnya siang itu. Banyak orgamawa mendirikan stand yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Tuntas acara pengenalan UKM yang begitu meriah, seluruh peserta PKKMB melaksanakan sholat Jumat berjamaah di Gor Cendekia Universitas PGRI Madiun. Kegiatan PKKMB dilanjut penyampaian materi mengenai penanggulangan bencana alam dan mengenai Pengetahuan Hukum Tindak Pidana Narkotika, Lalu Lintas dan Pemberantasan Korupsi. Pukul 16.00 penutupan PKKMB 2017 Universitas PGRI Madiun yang dilaksanakan di graha Cendekia Universitas PGRI Madiun. Penutupan berjalan begitu hikmat.
Hari ke-empat PKKMB, seluruh peserta PKKMB mengikuti jalan santai yang membanjiri jalur sekitar Universitas PGRI Madiun. Semua kompak dan ceria pada pagi hari itu. Acara selanjutnya dilaksanankan di Graha Cendekia yang bertemakan “Ajang Kreatifitas Mahasiswa”.  Acara ini diisi oleh sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergantian menampilkan pertunjukan atau pensi yang dimiliki masing-masing UKM, sehingga dapat menarik minat dari mahasiswa baru untuk bergabung bersama UKM yang ada di UNIPMA.
Selain ajang kreatifitas, PKKMB UNIPMA  menyediakan doorprize yang diberikan kepada mahasiswa baru dengan nomor yang diundi yang didapatkan seusai jalan sehat. Hadiah berupa barang yang kecil sampai barang yang mahal seperti kipas angin, sepeda, serta laptop. Hadiah didapatkan tidak hanya melalui undian, tetapi juga melalui tantangan juga semangat dan keberanian mahasiswa untuk aktif selama kegiatan berlangsung.
Acara berlangsung sangat meriah dan dapat menutup acara PKKMB UNIPMA 2017 ini menjadi sangat berkesan bagi semuanya.
Di akhir acara, panitia dan personil masing-masing UKM mengadakan stand pendaftaran bagi mahasiswa yang berminat mendaftar untuk mengembangkan kreativitasnya  sebagai mahasiswa Universitas PGRI Madiun. (Apin, Rafika, dan Nikita)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -