Posted by: Edukasi Thursday, July 13, 2017



Pada tahun 2017 ini PKM-M dengan judul Bank Jerami sebagai Upaya Mengatasi Pencemaran Lingkungan dan Meningkatkan Produktivitas Petani mendapatan kesempatan untuk lolos didanai dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Program ini berisi tentang pemberdayaan masyarakat khususnya petani di Desa Lembah, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun yang mengalami permasalahan akan limbah jerami usai panen. Tim PKM-M Bank Jerami diketuai oleh Eri Maya Tika  yang beranggotakan Sus Samirasari, Merlinda Ambinari, Sufyan Baihaqi serta dibimbing oleh dosen pendamping Elva Nuraina S.E., M.Si. Desa Lembah dipilih karena desa ini merupakan desa agraris, memiliki area persawahan yang luas, dan pada saat panen padi tiba dipenuhi oleh asap pembakaran jerami.

Program yang dikembangkan adalah pelatihan pembuatan pupuk, penabungan jerami, dan pendampingan petani dalam pembuatan pupuk berbahan dasar jerami. Jerami yang melimpah di Desa Lembah tidak dimanfaatkan dengan optimal sehingga perlu inovasi dalam pemanfaatannya. Kegiatan pelatihan pembuatan pupuk berbahan dasar jerami ini berjalan selama 2 bulan. Selain memberikan pelatihan, tim PKM-M juga memberikan dukungan berupa alat dan bahan yang digunakan pada pemrosesan pupuk jerami. “Pembuatan pupuk ini merupakan inovasi yang dapat mengatasi limbah jerami” ungkap Eri. Selain untuk mengatasi permasalahan dan memenuhi kebutuhan pupuk organik, pupuk ini juga berpotensi untuk dijual dan dipasarkan dengan harga 25ribu/karung

Program ini mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Kepala Desa Lembah, seluruh anggota kelompok tani, dan Universitas PGRI Madiun. Adanya sinergi yang baik antara Tim PKM-M dan anggota kelompok tani tentunya akan mendorong keberlanjutan program ini. Harapannya program ini dapat terus berjalan di Desa Lembah dan dikembangkan pada kelompok tani lain di desa ini juga di desa lainnya yang potensial.  

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -