Posted by: Edukasi Thursday, January 05, 2017


“Budaya Lokal”, itulah tema yang diusung pada pameran media pembelajaran yang digelar Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah (HIMADIRA) IKIP PGRI Madiun. Bertempatkan di kelas model pendidikan sejarah, Kamis siang (05/01), acara yang merupakan program kerja tahunan Himadira ini menghadirkan nuansa berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini sesuai dengan tema yang diusung, sebanyak 24 media pembelajaran terpampang rapi di atas meja dengan ciri khas dan keunikan masing-masing.
Berbagai media tersebut merupakan karya asli mahasiswa semester 5 pendidikan sejarah sebagai luaran dari mata kuliah media pembelajaran. Tak hanya warisan budaya di pulau Jawa, berbagai ikon khas daerah lain seperti Riau, dan NTT pun turut dipamerkan. Uniknya, masing-masing stan dijaga oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan berpakaian daerah dan siap sedia memaparkan karyanya saat ditanya oleh pengunjung, dimana setiap media disertai satu buah buku ajar pegangan guru yang memaparkan materi dari media tersebut.
Terdapat media dengan konsep permainan ular tangga dimana pada tiap angka, siswa akan dikenai pertanyaan. Media lain menggunakan konsep permainan dhakon dengan tujuan melatih keterampilan siswa dalam berhitung. Ada pula media berupa peta wisata dimana masing-masing titik wilayah yang terdapat budaya lokal diberi lampu dengan nyala berbeda. Media lain sebagai wujud pengenalan ikon khas daerah menampilkan replika benda sejarah, rumah adat, situs peninggalan sejarah, kesenian daerah, dan sebagainya. Selain berwujud benda, beberapa media disajikan dengan konsep berbeda. Seperti media powerpoint dengan dasar efisiensi bahan dan kenyamanan saat dibawa ke tempat mengajar. Alasan lain karena ingin mengembangkan media sejalan dengan perkembangkan jaman, yakni berbasis teknologi.
Pada dasarnya pameran ini digelar bukan semata realisasi program kerja tahunan Himadira. Lebih dari itu, tujuan utamanya adalah untuk menghargai karya mahasiswa.  Hal ini merupakan bentuk apresiasi untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa sehingga  kedepannya dapat menciptakan media pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif. (Lnd_N)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -