Posted by: Edukasi Sunday, November 20, 2016


Pada tahun 2016 ini organisasi kemahasiswaan Pers Kampus Edukasi IKIP PGRI Madiun memenangkan Program Hibah Bina Desa (PHBD) yang dibiayai oleh Belmawa-Kemenristekdikti. Program ini berisi tentang pemberdayaan masyarakat khususnya peternak lele di desa Wakah, Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi yang mengalami permasalahan mahalnya harga pakan ikan. TIM PHBD ini diketuai oleh Yahya Ganda Yulistiana yang beranggotakan Rita Nur Jannah, Ida Rahayu, Niken Setyowati dan Malisa Rahmatul Maladina dan dibimbing oleh dosen pendamping W. Linda Yuhanna. Desa Wakah dipilih karena merupakan sentra peternakan lele di Kabupaten Ngawi yang potensial.
Program yang dikembangkan adalah pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan peternak lele dalam membuat pakan alternatif dari ampas tahu dan probiotik. Ampas tahu yang melimpah di desa Wakah tidak dimanfaatkan secara optimal sehingga perlu inovasi dalam pemanfaatannya. Kegiatan pelatihan pembuatan pelet ampas tahu ini berjalan selama 3 bulan. Selain memberikan pelatihan, tim PHBD juga memberikan dukungan berupa mesin pencetak pelet, mesin press dan peralatan lainnya. “Pembuatan pelet probiotik dan ampas tahu ini merupakan inovasi yang dapat menekan biaya produksi peternakan lele” ungkap Yahya. Selain untuk memenuhi kebutuhan pakan di kelompok peternak “Margo Rukun”, pelet ampas tahu dan probiotik ini juga berpotensi untuk dijual dan dipasarkan. Harga pelet buatan pabrik sekitar 8-10 ribu/kg, sedangkan pelet ampas tahu dan probiotik ini bisa dijual dengan harga 5-6 ribu/kg.
Program ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak seperti Pemerintah Desa, Dinas Perikanan Kabupaten Ngawi, Koperasi dan IKIP PGRI Madiun. Adanya sinergi yang baik tentunya akan mendorong keberlanjutan program ini. Harapannya program ini dapat terus berjalan di Desa Wakah dan dikembangkan pada berbagai desa lainnya yang potensial dalam peternakan lele.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -