Posted by: Edukasi Sunday, November 27, 2016


           Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia yang kini sudah mulai terkenal hingga ke kancah Internasional, namun bersinarnya batik hingga luar negeri tersebut tidak diimbangi dengan pelestarian oleh kaum muda Indonesia. Masih banyak yang canggung atau risih menggunakan batik yang dianggap sebagai pakaian jadul khusus orang tua.

           Dalam rangka memperingati Dies Natalis HMFPMIPA ke 7 pada 25 November 2016, HMFPMIPA mengadakan sebuah acara yang bertujuan untuk melestarikan batik dan menumbuhkan kecintaan terhadap batik itu sendiri. Lomba Fashion Show Batik Unik, inilah acara yang selain bertujuan untuk memunculkan kecintaan terhadap batik namun juga mengajak segenap mahasiswa IKIP PGRI Madiun untuk mengembangkan kreatifitasnya di bidang seni. “Batik harus dilestarikan karena batik adalah ciri khas Indonesia”, jelas Sela Gurus Musika selaku ketua penyelenggara lomba ini.

           Di ikuti oleh 25 peserta dengan rincian 16 peserta dari lingkup FPMIPA dan 9 peserta lainnya dari luar FPMIPA, banyaknya peserta menggambarkan bahwa mahasiswa IKIP PGRI Madiun ternyata sangat antusias dengan acara ini. Meskipun dari panitia mengatakan terdapat sedikit kendala terkait penyebaran informasi lomba ini, namun acara dapat terus berjalan lancar hingga akhir. 

           Ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba ini yang meliputi pengetahuan tentang batik yang dikenakan, cara berjalan, ekspresi wajah, dan juga kesesuian kostum dengan tema. Babak demi babak dilalui peserta dengan harap-harap cemas menanti hasil perlombaan. Hingga pada akhirnya satu nama mencuat sebagai pemenangnya. Ihfani Kartika Kanawati dari PGSD, mahasiswa semester satu yang berhasil memboyong gelar juara dalam perlombaan ini. Dengan balutan kain batik yang indah yang dikreasikan begitu unik menggunakan balon, penguasaan panggung dan juga pengetahuan yang baik mengenai batik membuatnya pantas menjadi ratu kontes tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -