Posted by: Edukasi Tuesday, September 13, 2016


Gasella Yamanda Putri Wibowo atau biasa disapa Gasella, mahasiswa semester 7 Program Studi Bahasa Inggris IKIP PGRI MADIUN ini kembali menorehkan prestasi dengan keberhasilannya meraih juara 3 dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2016 yang diadakan oleh Dinas Bahasa yang ada di Jawa Timur pada 13 September 2016 di Balai Bahasa Sidoarjo. Keberhasilannya meraih juara 3 dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2016 ini menambah deretan prestasi yang telah berhasil diraih oleh Gasella, sebelumnya ia juga berhasil terpilih sebagai Mbakyu Kota Madiun 2015, English Ambassador IKIP PGRI Madiun 2015, juara 3 fashion show batik Kab. Madiun 2016, dan masih banyak prestasi membanggakan lainnya.
Ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2016 ini pada awalnya diikuti oleh 173 pasang peserta yang kemudian diseleksi menjadi 50 pasang peserta untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya di Sidoarjo. Ada banyak tahap penyeleksian yang harus dilalui. Mulai dari tahap pendaftaran dengan mengirimkan persyaratan seperti pas foto seluruh badan, cv, biodata, dsb. Kemudian dilanjutakan dengan tahap penyeleksian melalui jalur tes UKBI (Uji Kemampuan Bahasa Indonesia). Setelah itu dilanjutkan dengan tes wawancara yang meliputi budaya, bahasa, dan bahasa Inggris. Dari serangkaian seleksi tersebut diambil 10 pasang peserta yang kemudian akan mengikui tes presentasi terbuka yang mana setiap peserta akan diberi pertanyaan dan kemudian menjawabnya dengan durasi waku 3 menit dengan pilihan menjawab menggunakan bahasa Jawa atau Bahasa Inggris, sampai pada akhirnya dari 10 pasang peserta tersebut akan di  pilih 3 pasang peserta terbaik yang nanti akan menjadi juaranya.
Keberhasilan menjadi juara 3 Duta Bahasa Jawa 2016 ini tidak lepas dari kerja keras dan rasa percaya diri yang dimiliki oleh Gasella. “Pertama jangan sombong biarpun kamu merasa bahwa dirimu mampu. Kedua, harus benar-benar teliti saat harus mengerjakan sesuatu. Ketika wawancara just be your self, jangan sombong, tetap rendah hati, keluarkan kemampuan yang kamu bisa. Dan saat presentasi jangan takut salah, pd saja.” Ungkap Gasella Yamanda..
Gasella pun menambahkan harapannya agar mudah-mudahan ia bisa menciptakan prestasi-prestasi lainnya dibidang selain duta seperti sekarang ini sehingga bisa membuat bangga dirinya, orang tuanya dan kampus tercintanya IKIP PGRI Madiun. Ia juga berpesan untuk mahasiswa-mahasiswa lain “Jangan pernah takut untuk mencoba! Jangan berfikir bahwa kamu terlambat untuk mencoba! Pokoknya harus berani untuk mencoba!”. (eds)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -