Posted by: Edukasi Saturday, May 28, 2016

Menyambut berlakunya pasar bebas di Asia Tenggara (MEA) program studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Madiun bersama dengan Komunitas Mahasiswa Fisika (KOMFI) menyelenggarakan seminar nasional yang ke-4 pada hari Sabtu, 28 Mei 2016 di Gedung Erlangga Madiun. Acara ini diikuti oleh 150 peserta dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa Fisika IKIP PGRI Madiun, mahasiswa dari luar institusi seperti dari Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri Malang, serta berbagai pemakalah dari luar yang meliputi para guru. Dalam acara ini turut hadir pula Wakil Dekan FPMIPA IKIP PGRI Madiun, Dra. Purwandari, M.M., Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, Jeffry Handhika, M.Pd., M.Si., serta tamu undangan.
Seminar yang bertema “Peran Pendidik dan Ilmuwan Fisika dalam Menghadapi MEA” ini menghadirkan Ketua jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Gajah Mada, Dr. Mitrayana, S.Si., M.Si., sebagai pembicara. Dipandu moderator Bapak Andista Candra Yusro, M.Pd., materi pertama disampaikan oleh Bapak Mislan Sasono, S.Pd.Si., M.Pd., tentang pendidikan Fisika dalam menghadapi MEA. Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Bapak Mitrayana terkait riset mengenai peran penelitian spektroskopi fotoakustik laser dalam menghadapi MEA. Beliau memaparkan berbagai aplikasi ilmu fisika khususnya spektroskopi fotoakustik laser pada berbagai bidang, yang salah satunya adalah aplikasi dalam bidang pendidikan.

Sebelum acara ditutup, terdapat prosesi penyerahan cendera mata oleh pihak program studi Pendidikan Fisika kepada pemateri. Acara seminar yang dilanjutkan dengan presentasi makalah ini berlangsung dengan lancar dan tertib. Hail ini ditunjukkan dengan tingginya antusiasme para peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian acara. Diselenggarakannya acara ini dengan tujuan untuk melatih rasa percaya diri mahasiswa dalam melakukan dan menyampaikan hasil penelitian, sebagai wadah akutualisasi dan transformasi kelimuan antara mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan, serta sebagai wahana silaturahim dan bertukar pikiran dan informasi baru dalam bidang pendidikan. Bapak Mislan Sasono yang juga selaku ketua panitia menyampaikan harapan kedepannya, bahwa “Mudah-mudahan kegiatan ke depan akan berjalan lebih baik dengan bekerja sama lagi dengan Komunitas Mahasiswa Fisika (KOMFI) agar selalu sinergis dalam menjalankan kegiatan”.(Lin&Ria)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -