Posted by: Edukasi Tuesday, January 05, 2016


Program studi Pendidikan Fisika mengadakan acara tasyakuran visitasi pada hari Selasa, 5 Januari 2016 di Ruang Pertemuan 1, Kampus A, IKIP PGRI Madiun. Acara yang dihadiri keluarga besar prodi Pendidikan Fisika, pihak rektorat, dosen-dosen, karyawan, serta mahasiswa pengurus HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Pendidikan Fisika ini berlangsung dengan lancar. Diadakannya acara ini sebagai wujud syukur atas diraihnya peringkat akreditasi B prodi Pendidikan Fisika untuk pertama kalinya.
Bapak Jeffry Handhika, S. Si., M. Pd., M. Si., selaku Kaprodi Pendidikan Fisika mengaku bersyukur dengan nilai baru bagi Pendidikan Fisika ini. Menurut beliau, peringkat akreditasi B ini mampu diraih berkat kerja keras dan do’a seluruh civitas akademika, baik mahasiswa yang telah berprestasi di tingkat nasional, dosen yang banyak lolos penelitian Dikti, maupun fasilitas prodi Pendidikan Fisika yang memang sudah banyak peningkatan.
Kedepan, prodi Pendidikan Fisika terus melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan dan mutu program studi. Dalam bidang penelitian misalnya, tidak hanya dari segi kuantitas, diharapkan dari segi kualitas juga meningkat. Contoh sederhana, hasil riset dosen, selain di-publish di jurnal nasional, diusahakan ada yang dipublikasikan di jurnal internasional, dan juga diimplementasikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Di bidang kemahasiswaan, mahasiswa dilatih untuk bersaing sehat dengan perguruan tinggi lain melalui keikutsertaan dalam kegiatan PKM, LKTI, dan sejenisnya dengan target prestasi dan dapat dimanfaatkan masyarakat. Di samping itu, dalam peningkatan kualitas pembelajaran beliau menegaskan akan pentingnya komunikasi. Seperti yang dikatakan beliau bahwa “Selain mutu konten perkuliahan, frekuensi perkuliahan (kehadiran), komunikasi antara mahasiswa dengan dosen, serta mahasiswa dengan prodi juga penting.” Beliau juga menambahkan bahwa“Apabila ada dosen yang berhalangan hadir mahasiswa berhak meminta dosen tersebut untuk mengganti jam yang lain atau menyampaikan ke prodi untuk disampaikan kepada dosen yang bersangkutan”.

Kemudian, terkait dengan peningkatan kualitas dosen diusahakan untuk mengarahkan dosen dari prodi Pendidikan Fisika sendiri terutama bagi dosen yang kuliah di luar negeri atau yang memiliki nilai TOEFL di atas 600 untuk mengajar mata kuliah Bahasa Inggris untuk Fisika. Tak hanya itu, meski predikat akreditasi ini telah baik, namun Bapak Jeffry selaku Kaprodi Pendidikan Fisika optimis mempunyai visi menaikkan peringkat akreditasi Program studi Pendidikan Fisika menjadi “A” lima sampai sepuluh tahun kedepan. (Linda)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -