Posted by: Edukasi Tuesday, December 29, 2015

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) IKIP PGRI Madiun mengadakan dialog interaktif bersama rektorat dengan tema “Akhir Tahun dengan Semangat Solidaritas Mahasiswa Menuju Masa Depan Generasi Merah Putih Cerdas” pada hari Selasa, 29 Desember 2015 di Graha Cendekia. Diadakannya dialog interaktif dalam rangkaian kegiatan RAT (Refleksi Akhir Tahun) ini sebagai wadah aspirasi mahasiswa dan dosen untuk kebaikan IKIP PGRI Madiun. Acara ini dihadiri oleh Bapak Rektor beserta Wakil Rektor I dan II, Dekan, Kaprodi, Kepala Bagian, serta mahasiswa dari seluruh orgamawa (organisasi kemahasiswaan) meliputi BEM, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), HMF (Himpunan Mahasiswa Fakultas), dan HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi).

Bapak Drs. R. Bekti Kiswardianta, M. Pd., selaku Wakil Rektor III dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait bidang kemahasiswaan. Beliau menghimbau seluruh mahasiswa agar lebih aktif dalam organisasi kemahasiswaan serta memotivasi agar turut berpartisipasi dalam berbagai lomba dan kompetisi tanpa takut kalah dan memikirkan biaya karena pihak kampus akan memberi fasilitas dan pendampingan bagi peserta lomba yang lolos. Seperti yang dikatakan beliau bahwa “Kami tidak menargetkan juara tetapi ketika adik-adik sudah berbuat yang terbaik dan bersungguh-sungguh ini yang kita hargai”. Kemudian Bapak Bekti membuka acara dialog interaktif. “Dengan mengucap Bismillahirrahmaanirrahiim acara dialog interaktif refleksi akhir tahun 2015 dengan resmi kami nyatakan bisa dimulai”.

Pada acara inti dengan pemateri Bapak Dwi Setiadi, M. Pd., selaku Wakil Rektor I dibahas mengenai kurikulum dan beberapa hal terkait SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Beliau menyampaikan bahwa “Status dari SKPI ini adalah dokumen pendamping yang wajib ada yang dikeluarkan bersama dengan ijazah. Tujuannya SKPI ini diterbitkan untuk memberi tiket ke pasar kerja global”. Selanjutnya, sesi tanya jawab dipandu langsung oleh moderator berlangsung secara komunikatif dengan antusiasme para peserta. Hal ini dibuktikan oleh sikap kritis para mahasiswa melalui pertanyaan-pertanyaan terkait fasilitas kampus seperti GOR dan asrama mahasiswa, beasiswa, base camp orgamawa, ekstra, ijin kuliah, dan layanan kebersihan.

Pada dialognya, Bapak Dr. H. Parji, M. Pd., selaku Rektor IKIP PGRI Madiun menanggapi pertanyaan peserta dengan penuh semangat. Berdasarkan keterangan beliau, terkait fasilitas GOR bagi mahasiswa akan dikomunikasikan lagi dengan pihak pengelola bahwa untuk kepentingan mahasiswa agar lebih di prioritaskan. Beliau juga menegaskan bahwa “Kita membuat GOR itu tujuannya tidak semata-mata untuk kepentingan civitas akademika, tetapi lebih dari itu. Dan sebagai perhatian untuk kepentingan publik kita supaya eksistensi kita di masyarakat mendapat apresiasi yang cukup”. Terkait ekstra Bapak Parji tidak mengijinkan apabila di IKIP PGRI Madiun didirikan ekstra yang berbasis pada perguruan tertentu dengan tujuan menjaga netralitas kampus. Di sisi lain, beliau juga menyampaikan bahwa asrama mahasiswa diprioritaskan untuk mahasiswa baru angkatan 2015/2016 melalui sistem penyeleksian dengan prinsip terbuka terutama untuk anak yang domisilinya di luar Kota Madiun atau yang jauh. Kemudian beliau menambahkan bahwa “Saat ini yang tersedia dua puluh kamar. Satu kamar bisa dipakai empat orang”. Tak hanya itu, Bapak Parji memberi tanggapan yang cukup serius mengenai ijin kuliah untuk kepentingan orgamawa dan juga layanan kebersihan. Menurut beliau, meski dari sisi ketenagaan sudah cukup tetapi dalam segi hasil masih kurang memuaskan. Menyikapi hal tersebut, beliau menghimbau kepada para mahasiswa untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan.

Di akhir dialog, Bapak Parji menyampaikan bahwa “Kampus ini milik kita bersama. Maju tidaknya kampus ini akan ditentukan oleh kita semua termasuk mahasiswa”. Beliau menambahkan bahwa “Mudah-mudahan tahun 2015 kita tinggalkan dengan manis dan tahun  2016 kita letakkan dengan penuh semangat motivasi, mudah-mudahan tahun depan kita lebih sukses lebih berhasil lebih terdepan.”. (LN/HN/HR)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -