Posted by: Edukasi Thursday, September 24, 2015

Hari raya Idul Adha yang merupakan hari besar kedua bagi umat Islam, atau biasa disebut Idul Qurban selalu diwarnai dengan nuansa bahagia dalam perayaannya. Pada hari tersebut, umat muslim di berbagai kalangan biasanya melakukan penyembelihan hewan qurban baik berupa sapi maupun kambing setelah menunaikan shalat Id untuk memperingati peristiwa qurban pada jaman Nabi Ibrahim as. Begitu pula perayaan   hari raya Idul Adha 1436 H yang bertepatan pada tanggal 24 September 2015 Masehi ini, IKIP PGRI Madiun juga menyelenggarakan qurban.
Kepanitiaan Idul Qurban ini terdiri atas dosen dan mahasiswa delegasi dari orgamawa (organisasi kemahasiswaan) baik dari HMPS, HMF, maupun UKM, sebanyak dua orang perwakailan tiap orgamawa, dengan koordinator dari UKKI At-Tarbiyah. Sejauh ini, persiapan yang dilakukan oleh panitia telah memasuki tahap akhir.
Titik Istiqomah, salah satu pengurus UKKI At-Tarbiyah IKIP PGRI Madiun memaparkan bahwa sumber dana qurban tidak hanya berasal dari mahasiswa, namun juga dari dosen yang bersedia. “Untuk sumber dana selain dari mahasiswa juga ada dari kelompok dosen, kalau tidak salah itu ada dua kelompok” ujar Titik. Berdasarkan data sementara, total sumber dana yang masuk sebesar 108 juta rupiah dan hewan qurban berupa sapi sebanyak enam ekor. Sementara itu, untuk hewan qurban kambing belum pasti dan masih direncanakan untuk membeli karena kemungkinan akan ada lagi dana yang masuk. Oleh karena itu, untuk sumber dana yang masuk dan jumlah hewan yang akan diqurbankan baru ada kepastian hari Rabu mendatang.
Sistem pendistribusian hewan qurban untuk hewan kurban sapi akan didistribusikan dalam bentuk daging. Sedangkan untuk hewan qurban kambing akan diserahkan dalam kondisi masih hidup. Sasaran pendistribusiannya masyarakat sekitar kampus, serta beberapa pihak yang telah mengajukan proposal maupun surat. Hingga saat ini jumlah proposal masuk sebanyak 36 proposal yang berasal dari panti asuhan, yayasan, sekolah dan masjid. Adapun rencana penyembelihan hewan qurban akan  dilaksanakan pada hari Kamis, 24 September 2015 di halaman parkir Kampus 1 IKIP PGRI Madiun. (Linda)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -