Posted by: Edukasi Monday, June 08, 2015


Tidak disetiap sekolah maupun di desa setiap orang mengerti apa itu budaya daerah. Pemahaman terhadap kebudayaan daerah yang kurang ditanamkan sejak dini membuat banyak anak-anak Indonesia kurang mengenal budaya daerah mereka sendiri, seperti hal nya anak-anak yang ada di Ds. Tawang Rejo, Kec. Gemarang, Kab. Madiun.
Anak-anak masih sangat membutuhkan fasilitas belajar mengenai kebudayaan daerah seperti ludruk dan ketoprak. Walaupun terkadang di dalam pelajaran sekolah pernah diberikan materi tersebut tetapi anak kurang memahami karena mungkin proses pemberian materi yang monoton. Keadaan ekonomi keluarga juga mempengaruhi pengetahuan anak tentang budaya daerah, terkadang orang tua enggan untuk memasukkan anak ke dalam sanggar seni dikarenakan tidak ada biaya jadi anak lebih terpengaruh dengan budaya Asing yang banyak diperlihatkan di media seperti televisi.
Karena faktor kurangnya pemahaman anak terhadap seni ludruk dan ketoprak tersebut, sering kali anak tidak mengetahui apa itu seni ludruk dan ketoprak bahkan mungkin terdengar mengherankan dan sangat asing padahal itu adalah seni daerah kita. Dalam hal ini digunakan metode pelatihan dalam bentuk Seni Ludruk dam Ketoprak dengan nama “SELUKALSE” budaya daerah di Ds. Tawang Rejo Kec. Gemarang, Kab. Madiun. Metode yang digunakan dalam PKM-M ini adalah perencanaan pelatihan dan pendampingan.
PKM yang diketuai oleh Tia Nely Agustin(Prodi BK) dan dianggotai oleh Eko Sarwanto(Prodi BK) dan Irwanti(Prodi Matematika) ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kepedulian anak teradap budaya sendiri khususnya Ludruk dan Ketoprak.
Luaran yang diharapkan dalam program ini yaitu terbentuknya sanggar pelatihan seni ludruk dan ketoprak, serta minat dan rasa kepedulian anak untuk melestarikan seni ludruk dan ketoprak meningkat sebagai wujud cinta kepada budaya daerah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -