Posted by: Edukasi Thursday, March 19, 2015

Madiun Kota Gadis

pada tahu gak sih kenapa dikota kita sekarang ini di namakan kota Madiun ? Nah.. untuk menambah wawasan teman-teman semua  kita dari time Edukasi sidikit akan mengulas mengenai Sejarah Kota Madiun. Setelah kita mencari-cari informasi dan akhirnya kita mendapat kannya dari Bpk.Saimunir atau yang sering di sapa dengan panggilan Mbah.Munir yang menjabat sebagai Penjaga Masjid Kuncen ini beliau sedikit bercerita mengenai sejarah Kota Madiun, beliau berkata bahwa Kadipaten (Pemerintahan) kota Madiun pertama kali berdiri di desa Sogaten dan diresmikan pada hari Jum’at legi tanggal 15 Sura tahun 1487 atau tanggal 18 Juli 1568 Masehi. dibawah pimpinan Pangeran Timur yang menjabat sebagai Bupati pertama Kota Madiun.
Namun pusat pemerintahan di sogaten hanya berlaku sampai tahun 1575 masehi saja, sejak itu pemerintahan madiun di geser keselatan ke wanareja atau desa kuncen di kota madya Madiun sekarang ini, lalu pada tahun 1613 pemerintahan madiun di geser lagi lebih ketimur di Desa Demangan suatu wilayah kota madya sekarang yang bernama Wonosari. namun pada saat bangsawan dari Surakarta Pangeran Mangkudipuro menjabat sebagai bupati madiun pemerintahan kota madiun digeser kesebelah selatan sungai catur Madiun yang berada di desa Keranggan.
Pada tahun 1568 Masehi, seluruh wilayah madiun mengalami peperang antara pajang melawan mataram yang sangat besar sekali sampai tiga kali. dan pada tahun 1590 Masehi Madiun di bawah pimpinan Raden Ayu Djumillah mengalami kekalahan karena terkena tipu dari pasukan mataram. lalu Raden ayu Djumilah di boyong ke mataram diperisteri kannnya Raden Ayu Djumillah oleh Raden Sutowijoyo. peperangan besar ini terjadi di sekitar sendang (kolam yang bermata air) di halaman pusat pemerintahan Wonoasri. lalu muncul lah  nama kota madiun ini  karena pada saat Empu dari demak membuat pusaka dan dimasukkan nya pusaka itu di dalam air kolam sendang dan muncullah Mbedi atau genderuwo yang muncul dari tengah-tengah kolam dari situlah  nama Mbediun tercipta, lalu mbediun diubah lagi dengan nama mediun, dan mediun di ubang lagi menjadi Madiun.
Nah.. dari situlah bahwa nama kota madiun bukan hanya nama yang semata-mata atau seadanya saja, namun bahwa sebenarnya nama madiun ini mengandung makna yang sangat penting sekali.(Niken)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -