Posted by: Edukasi Wednesday, March 18, 2015

Bonsari Baru (Bongkar Pasang Jaring-Jaring)

Bonsari baru,bagi anak matematika bonsari ini bukan nama daerah/tempat yang baru, melainkan media pembelajaran untuk memperbarui dari media pembelajaran yang lalu. Bonsari Baru merupakan media pembelajaran Matematika yang berupa bongkar pasang jaring-jaring bangun ruang untuk anak SD. Alat peraga ini dirancang khusus di laboratorium Workshop Matematika IKIP PGRI Madiun tahun 2013, agar siswa dapat berkreasi dalam menentukan berbagai macam bentuk bangun ruang. Perancang alat peraga ini ada 3 mahasiswa yaitu kak Akhmad Yusuf A. R sebagai ketua, kak Ahmad Mizan Ghofuri, dan kak Rizal Amiruddin Naafi’. Dan didampingi oleh Wasilatul Murtafi’ah, S.Pd., M.Pd. Alhamdulillah mereka lolos Pimnas.
Jaring-jaring bangun ruang ini bukan jaring-jaring biasa yang biasanya terbuat dari kertas atau kardus bekas yang sebelumnya digambar lalu digunting, melainkan jaring-jaring yang terbuat dari kayu lalu direkatkan yang nantinya bisa di bongkar dan bisa dipasang lagi dengan berbagai macam jaring-jaring. 
Seumpama jaring-jaring balok, nah dengan bonsari baru ini jaring-jaring balok bisa di aplikasikan dengan berbagai macam jaring-jaring, tidak seperti kertas lalu digambar dan digunting, bonsari ini langsung di aplikasikan. 
Manfaat dari program kreatifitas mahasiswa ini yaitu Media pembelajaran Bonsari Baru dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika dan mengembangkan serta meningkatkan kreativitas siswa dalam menetukan berbagai bentuk jaring-jaring bangun ruang. Sedangkan tujuan dari program ini  untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Bonsari Baru dalam mengembangkan kreativitas siswa SD  untuk menentukan jaring-jaring bangun ruang. Dan untuk mengembangankan kreativitas siswa SD dalam menentukan jaring-jaring bangun ruang setelah menggunakan media Bonsari Baru.
Sekilas biaya keseluruhan pembuatan media pembelajaran Bonsari Baru ini kurang lebih sekitar 7 juta.

Bonsari Baru (Bongkar Pasang Jaring-Jaring)

Mau tahu bagaimana mereka bisa lolos di pimnas ?? ini nih kiat-kiat nya, pertama ada dokumentasi yang lengkap. Kedua penulisan dalam laporan singkat dan jelas tidak perlu bertele-tele, dan yang terakhir yang terpenting adalah kemampuan komunikasi, saat di beri pertanyaan harus bisa menjawabnnya dan harus menguasai materi terlebih dahulu.

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -