Posted by: Edukasi Friday, March 20, 2015


Permainan M3 (Mix-Match-Math) merupakan sebuah permainan terobosan baru yang di gagas dan belum pernah ada sebelumnya. Dari namanya, permainan ini berupa penyusunan angka-angka yang berhubungan dengan matematika. Namun dimodifikasi dengan penyusunan antara angka dan soal.
Permainan ini didesain untuk kelas V namun tidak menutup kemungkinan dapat digunakan oleh siswa kelas I SD sampai SMP dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran tentunya untuk meningkatkan cara berpikir reflektif siswa. 
Permainan ini berbentuk sebuah papan yang hampir mirip seperti catur dan dilengkapi kantong-kantong soal dan angka sejumlah 64 buah, kartu soal sejumlah 25 buah, kartu angka sejumlah 35 buah, kartu bintang sejumlah 2 buah, kartu batu sejumlah 2 buah pion sejumlah 80 buah dan panduan bermain. Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 kelompok, masing-masing kelompok maksimal 5 orang.
Pada dasarnya aturan bermain M3 adalah sebagai berikut:
- Permainan ini dimainkan oleh 2 tim, setiap tim terdiri dari 4 orang dengan 1 orang sebagai pemimpin.
- Salah satu pemain dari kedua tim, suit untuk menentukan urutan dalam menjalankan permainan.
- Pemain mengambil tanda yang akan digunakan untuk menandai daerahnya masing-masing.
- Kedua tim akan diberi waktu 15 menit untuk mengerjakan seluruh soal. 
- Pertama kali tim yang menang akan menyusun kotak terlebih dahulu dengan jalan menemukan paling tidak 3 kotak minimal 1 soal yang sama dengan angka pada kotak yang ingin disusun.Mereka dapat memindahkan kotak tersebut sehingga bisa berurutan baik vertical maupun horizontal. Mereka harus menjelaskan jawaban dari kotak pertanyaan yang mereka susun.
- Dalam melangkah pemain harus menerangkan pengerjaan soal tersebut kepada lawan secara bergantian.
- Setiap tim tetap diperbolehkan menyusun kotakdengan jawaban yang kurang tepat tetapi tim tersebut tidak mendapat daerah kekuasaan.
- Pemindahan kotak ini bisa kesegala arah tanpa harus berdekatan Jika sudah maka mereka bisa menandai daerah tersebut dengan tanda yang sudah disediakan. Dengan kata lain, daerah tersebut menjadi daerah kekuasaan mereka.
- Apabila pemain sudah menyusun paling tidak 3 kotak maka tim lain giliran bermain begitu seterusnya.
- Pemain bisa menduduki daerah lawan jika mereka dapat menyusun minimal 3 kotak dengan angka milik lawan tetapi tidak berlaku pada soal lawan.
- Pemain bisa mendapatkan daerah 1 baris atau 1 kolom jika menyusun paling tidak 3 angka yang tepat disamping, atas atau bawah bintang.
- Pemain akan terhalangi penyusunan kotaknya oleh batu karena batu tidak dapat dipindah.
- Perhitungan poin didasarkan pada banyak daerah kekuasaan.
- Pemain dinyatakan sebagai pemenang apabila telah mencapai poin minimal 40.

Tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan Permainan“M3 (Mix-Match-Math)”. 
PKM ini diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika dan dapat membantu proses pembelajaran matematika sehingga mampu meningkatkan cara berpikir reflektif siswa dan memotivasi siswa belajar matematika .
Untuk sekilas biaya Permaianan M3 (Mix-Matc-Math) ini total semuanya sekitar 5 Juta Rupiah.        


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -