Posted by: Edukasi Monday, March 16, 2015

Limbah Kulit Singkong

Singkong biasanya hanya diambil dagingnya saja sebagai bahan baku pembuatan makanan membuang kulitnya karena dianggap tidak mempunyai nilai guna padahal justru oleh Riska Yuni Andriayani, Yeni Nur Indah Sari dan Anis Mutiah mahasiswi IKIP PGRI Madiun kulit dari singkong ini di sulap menjadi sebuah makanan yaitu keripik kulit singkong yang enak, bergizi serta layak untuk di makan. 
Berawal dari sebuah pemikiran bahwa singkong yang biasanya hanya dimanfaatkan dagingnya untuk dibuat produksi makanan dan ternyata timbul sebuah ide bahwa ternyata kulih singkong pun dapat juga diproduksi menjadi makanan yang layak untuk di konsumsi yang dalam jangka waktu lama. Keripik kulit singkong ini memiliki peluang usaha yang cukup besar dalam dunia usaha masa kini. Makanan yang bisa dikatakan primitif bahkan sangat tradisional ini ternyata mempunyai potensial untuk menjadi sebuah usaha terbaru dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Disamping itu kulit singkong juga mempunyai banyak nutrisi bagi kesehatan. yaitu protein, serat kasar, TDN (Total Digestible Nutrient), lemak, kalsium, dan juga fosfor.
Dalam usaha “KEKUSI” (Keripik Kulit Singkong) ini menggunakan beberapa tahapan dalam mencapai tujuan usaha serta pemasaran yang baik. Usaha ini menggunakan strategi produk yaitu dengan bahan baku yang tidak mudah busuk dan tahan lama, strategi distribusi demi tersalurnya KEKUSI ke konsumen melalui trik pemasaran yang sehat kemudian strategi harga yaitu disesuaikan dengan harga pasaran yang tidak terlalu mahal maupun murah disesuaikan dengan pendapatan masyarakat sekitar dan strategi promosi yaitu tempat sasaran yang dituju yang sekiranya mampu menembus dunia pasaran dan tak lupa yang terpenting mencantumkan identitas KEKUSI, komposisi,manfaat sehingga konsumen mengetahui dengan jelas bagaimana produk yang mereke beli, karena dewasa ini produksi keripik kulit singkong ini belum banyak yang mengetahuinya bahkan masih sangat asing dengan makanan ini. 
Pemasaran produk ini berorientasi pada pasar, ini berarti produsen harus aktif, kreatif serta inovatif dalam mencari bahan yang ditawarkan kepada konsumen karena pada dasarnya setiap konsumen pasti dalam membeli sebuah produk makanan tidak hanya sekedar dari segi fisik produk saja melainkan juga manfaat serta kandungan gizi yang ada didalam produk tersebut. Dalam pembuatan keripik kulit singkong ini, agar sedikit memodifikasi dalam hal bentuknya yaitu dengan memberikan bentuk bintang-bintang agar lebih menarik konsumen untuk membeli. Sedangkan untuk promosi, produksi akan dijual ke sekolah-sekolah dan kampus- kampus, serta lingkungan sekitar tempat tinggal, karena ditempat inilah penjualan produk kami sangat strategis
Pembuatan kripik kulit singkong ini dilakukan di Kelurahan Nambangan Lor Kecamatan Manguharjo Kabupaten Madiun. Alhasil dengan modal yang tidak terlalu banyak kita dapat membuka usaha yang apabila ditekuni tidak mustahil akan mencapai omset yang begitu besar. (mutiatun)

gambar: sampeudeui.blogspot.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -