Posted by: Edukasi Saturday, March 14, 2015

KONIBANJA sebagai fasilitator masalah

KONIBANJA (Konseling Ibu, anak remaja) merupakan salah satu trobosan terbaru dari mahasiswa IKIP PGRI Madiun yang bernama Wida Anggraini, Pita Sri Sangkorao dan Indhira Nur Harwati dalam Pengabdian masyarakat, kurangnya kesadaran masyarkat dalam kaitannya dengan penanganan masalah menjadi tolak ukur dalam membuat Program ini. selain itu sebagian besar posyandu hanya melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan fisiknya  (menekankan kesehatan fisik). Padahal kesehatan mental juga sangat perlu. Karena belum tentu anak yang terlihat sehat fisiknya juga sehat mentalnya. Kita ngga tau kalo ternyata dia merasa tertekan yang mengakibatkan dia nakal atau termenung. Kombaja adalah program kesehatan mental sebagai upaya meningkatkan kesehatan mental anak dan remaja usia 0-17 tahun di posyandu Kenari 2, Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun.
Manfaat dari pembuatan PKM ini adalah meningkatnya pengetahuan dan kepedulian ibu terhadap kesehatan mental anak, berkurangnya masalah-masalah terkait dengan kenakalan anak dan remaja, terciptanya keharmonisan hubungan antara anggota keluarga, meningkatkan mental anak dan remaja.

Target khusus yang ingin dicapai dalam program KONIBANJA (Konseling Ibu, Anak, dan Remaja), yaitu:
1. Ibu dapat menyadari bahwa seorang anak dikatakan sehat, tidak hanya sehat secara fisik tetapi juga mental. 
2. Masalah anak dan remaja di bidang pribadi, sosial, belajar dan karier dapat segera ditangani.
3. Masalah terkait hubungan orang tua dan anak dapat segera diselesaikan dengan baik.

Metode yang digunakan dalam program ini berupa layanan konseling. Melalui layanan ini, anak dan remaja dapat mengembangkan potensinya secara optimal di bidang pribadi, sosial, karier, dan belajar. Selain itu, mereka menjadi mampu memahami dan menyelesaikan masalahnya secara mandiri, serta dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. (Ena)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -