Posted by: Edukasi Sunday, March 22, 2015


Media pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk memperlancar proses pembelajaran. Tiap anak didik memiliki kemampuan yang berbeda. Maka peranan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangat diperlukan.
Menciptakan dan menerapkan media pembelajaran baru yang disebut dengan “Galau” (Garis Bilangan Kayu), media pembelajaran ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan dalam pembelajaran Matematika khusunya untuk materi operasi bilangan bulat. Media pembelajaran ini dilengkapi dengan bilangan bulat positif dan negatif serta kayu berbentuk mobil yang dapat digeser maju atau mundur. 
Diharapkan dengan adanya media pembelajaran ini, siswa akan lebih mudah memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat positif dan negatif pada materi kelas IV dan V. Media pembelajaran ini di desain menarik dengan tujuan agar siswa tertarik untuk menggunakannya sekaligus untuk media belajar. Media pembelajaran “Galau” (Garis Bilangan Kayu) ini juga dapat digunakan untuk membantu siswa belajar konsep perkalian dan pembagian bilangan bulat.
Belajar Matematika melalui media pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa serta menepis anggapan Matematika itu sulit dan menyeramkan, bahkan sebaliknya, belajar Matematika itu mudah dan menyenangkan. Melalui penerapan media pembelajaran ”Galau” (Garis Bilangan Kayu) ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran khususnya dapat membantu siswa untuk memahami konsep operasi bilangan bulat.
Tujuan utama program ini adalah membuat media pembelajaran baru untuk memudahkan siswa dalam memahami materi tentang operasi bilangan bulat sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa, sedangkan tujuan khususnya adalah membuat disain media pembelajaran “Galau” (Garis Bilangan Kayu), mengaplikasikan media pembelajaran “Galau” (Garis Bilangan Kayu) agar dapat memudahkan siswa memahami konsep operasi bilangan bulat sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa.
Dengan adanya program kreativitas mahasiswa ini diharapkan media “Galau” (Garis bilangan kayu) dapat digunakan sebagai media pembelajaran Matematika.
Dan juga kemampuan dalam mengaplikasikan media pembelajaran “Galau”(Garis bilangan kayu) dapat membantu proses pembelajaran Matematika pada materi operasi bilangan bulat, sehingga mampu meningkatkan minat siswa dalam memahami bilangan bulat.
Untuk sekilas biaya “Galau” (Garis Bilangan Kayu) ini biaya total semuanya sekitar Rp.6 juta.
  
Ini mereka yang menciptakan, dari sisi kiri bernama Kak Djayanti Eka, Kak Finsa Agus, dan Kak Gigin Marina.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015-2016 Pers Mahasiswa Edukasi - Modified by Tomas Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -